Selasa, 18 Maret 2014

Psikologi Pendidikan

  • Psikologi Pendidikan,  Pengertian Psikologi dalam perspektif pendidikan :
Psikologi Pendidikan = Ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan, pengaturan, evektifitas  intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi.
  • Pengertian Psikologi Pendidikan secara etimologis, psikologi  berasal dari kata psyche yang berarti jiwa atau nafas hidup dan logos atau ilmu, sehingga dapat di artikan Psikologi merupakan ilmu jiwa atau ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang.
  • Pengertian Psikologi Pendidikan menurut para ahli
-            Arthur  s. Reber,  Psikologi Pendidikan = sebuah sub disiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal Sbt :
1.     Penerapan prinsip2 belajar dalam kelas
2.     Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
3.     Ujian dan Evaluasi bakat dan kemampuan
4.     Sosialisasi dan interaksi proses2 dengan mendayagunakan rana kognitif

-          Tardif, Psikologi Pendidikan = sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang prilaku manusia untuk usaha2 kependidikan.
-          Witherington, Psikologi Pendidikan = studi sistematis tentangproses2 dan faktor2 yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

·         Selain Itu Pemahaman Psikologi Pendidikan merupakan gabungan dari dua bidang studi
1.       Psikologi, yang memepalajari  segala sestu tentang pikiran dan prilaku manusia serta hubungannya dengan manusia lain
2.       Pendidikan (sekolah), proses pengajaran dan belajar yang  mengambil tempat dalam lingkungan formal.

·         Psikologi Pendidikan berminat pada :
-          Teori belajar
-          Metode pengajaran dalam kelas
-          Motivasi
-          Kognitif
-          Emosional
-          Dan perkembangan moral
-          Serta hubungan orang tua dan anak

·         Psikologi Pendidikan  harus mengikuti :
1.       Perkembangan mendadak dari area manajemen kelas
2.       Desain instruksional
3.       Pengukuran dan penggunaan daya
4.       Strategi belajar
5.       Peneliotian dalam metakognitif
6.       Peningkatan aplikasi pendidikan jarak jauh
7.       Perluasan dari pengembangan dan aplikasi tehnologi

·         Seseorang (Guru) dalam dunia pendidikan perlu memperhatikan hal2 sebagai berikut dalam Psikologi Pendidikan :
1.       Proses perkembangan siswa
2.       Cara Belajar Siswa
3.       Cara menghubungkan belajar dengan mengajar
4.       Mengambil keputusan untuk pengelolaan proses belajar mengajar.

·         Metode yang digunakan dalam Psikologi Pendidikan adalah
1.       Metode Eksperimen
Dalam psikologi pendidikan, metode ini digunakan untuk menguji keabsahan dan kecermatan kesimpulan yang ditarik dari penelitian dengan menggunakan metode yang lain.

2.       Metode kuisioner


3.       Metode studi kasus
Digunakan untuk memperoleh gambaran rinci tentang aspek-aspek psikologi  siswa atau sekelompok  siswa. Studi ini biasanya diikuti oleh studi lain yang berskala lebih besar untuk mencapai generalisasi hasil tes. Mengapa demikian? Kesimpulan hasil studi kasus dihasilkan dari penelitian terhadap sejumlah kecil subjek yang tentu saja akan sulit untuk dijadikan sampel  dari sebuah populasi yang besar. Lazimnya, fenomena yang diselidiki dengan metode ini diikuti terus menerus dalam kurun waktu tertentu. Bahkan, tak jarang diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menghimpun data.

4.       Metode penyelidikan klinis
Hanya digunakan oleh ahli psikologi klinis atau psikiater pada mulanya. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, dimulai oleh Jean Piaget, metode ini digunakan dalam ranah pendidikan. Sasaran utama penggunaan metode ini adalah untuk memastikan sebab-sebab kemunculan ketidaknormalan perilaku siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About